Kamis, 08 September 2011

Ternyata Tiap Orang Bisa Meramal Lho!

Percaya atau tidak, tiap hari ada alarm bawah sadar manusia yang membuat ribuan ramalan kecil, seperti perasaan kapan bus akan tiba, siapa yang mengetuk pintu rumah, sampai gelas yang jatuh akan pecah. Para ilmuwan mulai menguak bagaimana otak bisa sebegitu mengejutkan menjadi bisa menjadi peramal akurat seperti itu hanya karena kejadian biasa atau duniawi.
Peneliti Washington University di St. Louis fokus pada sistem dopamine otak tengah (MDS) yang menyediakan sinyal pada sisa bagian otak lain ketika ada hal tak diinginkan terjadi. Menggunakan functional MRI (fMRI) peneliti menemukan bahwa sistem ini mengkodekan kesalahan prediksi ketika orang terpaksa memilih apa yang akan terjadi selanjutnya dalam sebuah video kejadian sehari-hari.
Kepala peneliti Jeffrey Zacks mengatakan, meramalkan masa depan merupakan hal yang vital dalam mengarahkan perilaku. Selain itu, kemampuan ini merupakan komponen kunci teori persepsi, pemrosesan bahasa dan pembelajaran. Sangat penting mampu melarikan diri ketika seekor singa siap menerkam Anda namun akan jauh lebih penting untuk bisa menghindari singa itu sendiri sebelum hewan buas itu menerkam, ujarnya.
Selain itu, dari hasil riset ini bisa juga digunakan membantu mereka yang berada pada tahap awal penyakit saraf, seperti skizofrenia, Alzheimer, dan Parkinson. Substansia nigra merupakan bagian otak yang paling berpengaruh Parkison yang penting untuk mengendalikan gerak dan membuat keputusan adaptif. Substansia nigra atau ‘lantai dasar sistem sinyal dopamin’ inilah yang berperan aktif di otak.
Meramal di sini bukanlah tenung atau sesuatu ramalan yang sifatnya menentang Tuhan dan kuasa-Nya. Karena ramalan di sini berarti adalah suatu bagian dari otak yang diberikan Tuhan kepada setiap manusia agar dapat mempergunakannya dengan baik dan merespon dengan benar. Hal ini membuat manusia tidak memilih hal yang salah karena setidaknya tahu hal-hal kecil apa yang akan terjadi selanjutnya, meski hanya dalam waktu singkat saja.

Sumber: inilah/lh3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar